Rabu, 06 April 2011

Doa

          Doa adalah kata-kata yang diuacapkan oleh seorang yang percaya akan adanya Tuhan atau Sang Pencipta alam dan isinya. Setiap orang beriman pasti mengerti apa itu doa.? Ucapan syukur, permohonan, hendak makan, tidur, dll. Itu dalah sedikit definisi dari berdoa.
            Dalam agama Kristen diajarkan bahwa doa bukanlah sepatah kata yang diucapkan dengan kalimat yang tetap (hafalan), namun doa dalam ajaran gereja yang dicatat dam dijelaskan di Alkitab atau Injil didefinisikan sebagai cara manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhan Yang Maha Esa, yang lebih dikenal dengan nama Yesus.
            Berkomunikasi layaknya seorang anak dengan orang tua dirumah. Mungkin zaman sekarang sulit terbuka dengan hal-hal yang dianggap rahasia dan akan menjadi aib atau meruntuhkan reputasi kita di sekolah, lingkungan tempat kita tinggal, kampus, kantor, bahkan dirumah sendiri. Memang dibutuhkan keberanian untuk terbuka tentang hal-hal yang menjadi rahasia, namun tidak salah kalau bercerita seputar pengalaman pribadi kepada orang lain, apalagi kepada orang yang lebih dewasa dalam hal rohani pasti itu akan membantu sekali dalam pertumbuhan rohani seseorang, khususnya dalam usia remaja.
            Jika berdoa adalah bentuk komunikasi, apakah ada jawaban dari Orang yang kita ajak berkomunikasi dalam doa kita…? Jawabnya tentu ada. Nah, kalo ada apa jawab dari Tuhan (Orang yang kita ajak berkomunkasi dalam doa tersebut). Ada tiga macam jawaban dari doa yang kita ucapkan kepada-Nya.
Pertama, Ia akan menjawab doa atau permohonan yang kita ucapkan dengan jawaban “TIDAK!!”, pasti akan timbul dalam benak kita, bukan…? Tentu ada alasan yang kuat kenapa Dia memberikan jawaban tersebut, Ya…, pastinya Tuhan punya alasan yaitu karena permohonan yang kita ucapkan masih belum sesuai dan belum waktunya untuk kita terima. Biasanya Ia memberikan jawaban “TIDAK!!” karena yang kita minta aneh-aneh, contohnya nih: seorang remaja yang baru aja menginjak usia 14-16 tahun, tapi sudah memohon untuk mendapatkan seorang pacar dalam doanya. Jelas tidak boleh ! usia tersebut masih belum waktunya untuk berpacaran, kapan dong waktu untuk berpacarannya ? lebih baik hubungan dengan lawan jenis layaknya berpacaran dilakukan ketika memasuki usia 18 tahun, kenapa demikian ?. tahu tidak apa sih yang menjadi tujuan dari berpacaran.?, pacaran dilaksanakan atas dasar untuk mencari pasangan bukan untuk senang-senang saja, apalagi kalau hanya untuk menuruti nafsu. Maka dariut Tuhan menjawab “TIDAK!!” dan kita harus mengerti kalau itu adalah yang terbaik bagi kita, lagipula jabatan atau status kita masih sebagai pelajar yang prioritasnya adalah belajar, bukan berpacaran.
            Jawaban yang kedua adalah “IYA”, tentu perasaan yang timbul adalah senang ketika mendapatkan jawaban ini. Namun, bukan berarti semua permohonan kita akan diberikan jawaban demikian. Apa saja yang akan dijawab demikian ? berikut contoh dari doa yang akan dijawab demikian, pernakah anda berharap mendapat nilai yang memuaskan ?, so pasti pernah dong, apakahyang anda lakukan supaya keinginan tersebut dapat menjadi kenyataan, pastinya belajar bukan ?, selain belajar ternyata dengan berdoa kesuksesan kita meraih nilai yang memuaskan bisa terwujud.
            Terakhir, untuk menguji kesabaran kita Tuhan akan menjawabdengan jawaban “NANTI” yang artinya kita harus nunggu sampai waktunya Tuhan sudah datang. Jawaban ini lebih menyulitkan respon atau reaksi dari kita karena tidak mudah bagi kita untuk bersabar. Apakah contoh dari doa yang akan dijaawab demikian ?contoh kecil, keinginan dan kebutuhan harus dibedakan dalam kehidupan ini. Ketika sepatu atau tas yang kita miliki masih layak untuk kita pakai, maka jangan berharap papa atau mama akan menuruti keinginan kita, apalagi membawanya dalam doa.
            Jelas dan sudah terbukti dari beberapa contoh diatas akan meyakinkan dan menambah pengetahuan kita tentang berdoa.

Tidak ada komentar: