Sabtu, 23 Juli 2011

Karena Anugerah-Nya.


Johan sedang duduk-duduk di pangkalan ojek bersama dengan kawan-kawannya. Mereka baru saja pulang dari sekolah. Sambil melepas rasa lelah Johan dan teman-teman bercanda dengan sekali-kali menggodah teman ceweknya yang lewat didepannya. Suara truck pengangkut hasil panen tebu yang mirip seperti geraman raksasa, dan tak jarang meninggalkan asap tebal mirip cumi-cumi menyerang mangsanya dengan tinta beracun.
            Setengah jam kemudian mereka berpisah dari tempat itu. tak jauh berbeda dengan rombongan bebek dari sawah yang diikuti oleh gembalanya. Sesampainya dirumah Johan sudah disambut oleh ternak-ternaknya, seperti seorang penumpang kereta api yang baru tiba di stasiun pemberhentian dan disambut oleh ramainya pedangang asongan yang menawarkan dagangan mereka. Begitulah kegiatan Johan selepas dari sekolah, ia segera bergegas mengurus ayam, kambing, dan sapinya. Sejak matahari belum membagikan sinarnya di pagi hari Ayah dan Ibunya sudah berangkat menuju sawah untuk mencari sesuap nasi dan biaya hidup kedua anaknya. Membersihkan rumput dan menyiangi tanaman padi adalah pekerjaan orang tua Johan.
            Malam itu terasa berbeda dengan malam biasanya. Musibah mendadak menimpah keluarga Johan Ayahnya mendadak sakit stroke dan tak dapat bekerja lagi. Seluruh ternak keluarganya habis terjual untuk pengobatan Ayanhya. Namun, semua itu tidak membuahkan hasil.
            Dua tahunsudah Johan menjalani kehidupan tanpa pegangan dan tujuan hidup. Dia merasa gelisah dan terus merasa bersalah kalau kelak ia tidak dapat mengangkat derajat hidup keluarga.ia berhenti bersekolah, tak tahu apa yang akan dilakukan kelak. Postur tubuh yang tak memungkinkan menjadi kuli di pasar, apalagi menjadi pengangkut hasil panen padi. Rasa syukur yang selalu dinaikkannya kepada sang Pencipta ternyata menjadi kunci ia mencapai masa depan. Walaupun Ayahnya sudah berada di surga bersama Sang Esa. Sekarang ia sudah menjadi pemimpin sebuah apartemen, itu karena ketekunan dan doa yang selalu mengucap syukur atas apa yang ia terima.

Tidak ada komentar: